Tuesday, April 21, 2009

prewed

kata orang kl mau nikah bakalan banyak banget godaannya. adaaa aja. ribut-ribut ga penting, orang-orang dari masa lalu, dan lainlain dan sebagainya.

2 bulan lagi gw nikah. dan bener loh.. banyak banget godaannya. adaaa aja.

ada orang dari masa lalu yg tiba-tiba datang dan bilang kl dia penasaran dan suka sama gw dari esempe dan menanyakan kemungkinan gw bisa sama-sama dia. ada orang-lainnya-dari-masa-lalu-juga yg merasa telah salah menilai gw selama gw deket sama dia. katanya, gw-yg-dia-kenal-dulu baru akan memutuskan untuk menikah setelah karir gw tinggi dan blablabla (hey, gw pun ga pernah menyangka keyakinan itu datang secepat ini). ada hal-hal ga prinsipil yang memicu keributan antara gw sama kanjeng raden mas bagus. ada upaya keras untuk berkompromi soal prosesi nikahan, mulai dari design & warna baju, catering, undangan, dekor, sampai penulisan gelar di invitation card. ada sensi yg berlebihan karena keterbatasan komunikasi mengingat perbedaan jarak dan waktu. dan satu lagi, yg juga merupakan godaan yg paling besar buat gw adalah soal kerjaan.

yes, lately gw nolak prestigious job. it's a 'wow', isn't? better career path, better salary, and so on. dan gw dengan angkuhnya geleng-geleng terus pergi gitu aja. gaya.

well, keputusan gw untuk nikah insya Allah udah bulet. gw akan ikut suami gw kemanapun dia pergi dan memulai semuanya dari 0 sama-sama. tapi kl ada yang ngomong, "jaman sekarang cari kerjaan susah dan lo malah nolak-nolak. ga takut kena karma?" gw langsung speechless dan jadi agak sedih. apalagi kl melihat teman-teman seangkatan gw lg seneng-senengnya wisuda, semangat cari kerja, dan mulai menata karirnya.

eniweiii, life is a series of choices. seperti kata seorang teman lama gw, pintu takdir itu ada banyak. tergantung kita mau membuka pintu takdir yg mana. dan gw memutuskan untuk membuka pintu yg sama dengan pintu yg dia buka, agar dapat melangkah bersama-sama di hari-hari selanjutnya.

dulu gw lulus duluan, dapet kerja duluan, dan meniti karir duluan. buat yg masih bertanya-tanya seyakin apakah gw dalam mengambil keputusan untuk menikah di usia yg relatif muda, meninggalkan semua kesempatan yg ada, lewat tulisan ini gw jawab, "gw ga ragu buat nikah duluan."

mohon doa restunya ya.. semoga harga 'mahal' yg (akan) gw bayarkan untuk menuju sebuah pernikahan ini memotivasi gw untuk membuat kualitas hidup (calon) suami gw menjadi lebih baik, sehingga semua 'pengorbanan' itu tidak sia-sia. :)

39 comments:

  1. yep.. ternyata, sebelum menuju satu titik itu, kita harus membuka beberapa pintu dulu, ya... :D

    ReplyDelete
  2. aaah..wulan..ternyata dirimu bentar lg akan nikah ya..selamat ya lan..ikut seneng dengernya..and believe me..nikah muda itu asyik loh..apalg kl lsg dpt momongan..bahagianya minta ampun..kl soal rejeki(kerjaan/karir)insyaAllah akan ngalir dgn sendirinya..

    ReplyDelete
  3. hidup Ulan...!!! gw setuju bgt buat GAK RAGU UNTUK NIKAH DULUAN.. udh gw duga dr sebelum2nya kl elo bakalan nikah duluan diantara qt (walaupun teman2 lo pacaran lebih dl). Dari semua cerita2 lo ttg "your future husband" gw udah bisa nebak (rada soti sih emang). Jangan pernah takut lan kl ttg karir dan menikah, gw yakin kok kl emang saatnya tepat, pasti elo akan nemuin kerjaan yg pas dan sesuai dgn harapan elo. Nikah itu kan ibadah lan..hehehe...sempet ngiri juga sih dgn nasib baik lo itu, tapi kan setiap manusia punya takdir&jalan hidupnya masing2..iya gk?? dan insyaAllah gw,sinta,sasha,ratih,kadek akan hadir di hari bahagia lo dgn segudang kejutan..hihihiii....

    ReplyDelete
  4. @hafid : kl ada teman, insya Allah pencapaian titik itu terasa lebih ringan. bukan begitu bukan? :D

    @mba senaz : thx alot mba.. dulu waktu sempet ragu sebelum ambil keputusan, kl baca tulisan2 mba senaz jd merasa yakin. :P

    @tiwi : you're one of small number of my friends who support me in a very beginning of my relationship. thx ya tiw.. i still remember our sharing late at nite in my room. that was nice. :)

    ReplyDelete
  5. congrats ya wulan, 2 bulan lagi mau melepas masa lajang nih critanya ;)
    semoga semuanya lancar ya :)

    ReplyDelete
  6. @pucca : makasi, mba.. 2 months plus some days more actually :D

    ReplyDelete
  7. Congrats ya wulan!!

    Semoga lancar semuanya.. Amiinn

    ReplyDelete
  8. Getting confused lately, maklum preweds syndroms. Hehe..
    Agree w/ you, life is full of choice. It's your choice to get married sooner or later. It's your choice utk nolak 3 jobs yg WOW. Everythin' has been written down honey. So dont worry! We pray it for you for the best. :)

    Sukses yah utk married-nya nanti. Someday you'll missed that moment ketika lo ribut akan pemilihan design baju, pilih invitation card, dekor, catering, dsb. :)

    It such a beautiful part to have a best friend like you :)

    PS : Miss you!

    ReplyDelete
  9. asik..asik.. ada yg mau merit..

    kado dari gw foto prewed aja, mau?

    ReplyDelete
  10. tak restui kowe le

    ReplyDelete
  11. @mba ade : thank's mba. amiiin.. :)

    @shinta : it's a gift to have best friend like you since the first time we know each other in 01PGM. i miss you too.

    @ari : mauuu... cari tiket yaaa...

    @ndut : ofkors!

    ReplyDelete
  12. gw sangat merestui pernikahanmu kok lan..memang cobaan sangat banyak n menghadang dirimu..tp gw tau lo punya keputusan yg terbaik..
    rejeki bisa dicari, tp klo nikah dan berbakti pada suami bukannya itu ibadah?
    hidup harus seimbang dengan kebahagian dunia dan akhirat.sebentar lagi kebahagiaan duniamu akan tercapai.
    wish u luck my bestfriend..

    ReplyDelete
  13. Congrats ya, mbak Wulan..
    Didoain buat yang terbaik deh ^^

    ReplyDelete
  14. sasha : amiiin.. insya Allah ya sha. thx alot!

    andam : hi, thx ya.. :)

    ReplyDelete
  15. Do'a aQ untukmu...semoga semuanya lancar & hidup bersamanya...Happily ever after ^^

    ReplyDelete
  16. huaaaa senangnya akan menikah sebentar lagi. congrats ya... Tenang ajah, rejeki ga akan kemana kok :). nikahnya dimanah? di surabaya ya?

    ReplyDelete
  17. savitri: saran lo bijak banget sii :)

    ulan: yang ngomong "gile lu ndroo, jaman sekarang cari kerjaan susah dan lu malah nolak-nolak. ga takut kena karma?"
    siapa lan?
    siapa?
    ngomong sama gue..
    biar gue datengin..
    [terus gue minta kerjaan,ahahaa]

    saling mendoakan ya teman!
    suksees :)

    ReplyDelete
  18. @unie & quinie : amiiin... makasiiih.. nikahnya di jember, mba.. aku besar disana. :)

    @ratih : hahaha.. sukses juga ya!

    ReplyDelete
  19. Life is Beautiful

    Jangan pernah menyesal dengan apa yang sudah/akan lo lakuin, karena menurut Paul McCartney (lho kok Paul??) lo ga bakalan tau apa yang akan terjadi, namanya resiko itu belum tentu negatif, beranggapan aja kalo resiko yg lo hadapin itu positif. Kanjeng Raden Masmu selalu bilang ke gw kalo hidup itu misteri, dan misteri itu sangat indah, dia bilang ke gw : "Gw penasaran banget apa yg bakal terjadi dalam hidup gw ke depannya..", itu selalu gw inget. Karena dibalik ke-ndeso2annya kangmasmu itu filosofis sekali.
    "And in the end, the love you take is equal to the love you make..." - Beatles.

    ReplyDelete
  20. you know bit, your stories bout him, even how stupid it is, always make me love him more and more.

    hehehe..

    thank's alot.

    ReplyDelete
  21. bagus kalo uda mantep lan.
    g sgt dukung elo...
    nti g lanjut besok yaa..
    dengan segenap kesamaan pandangan kita...
    dan hal2 yg kita alami mirip2 lan.. =)
    mirip bgd malahan....
    dugaan orang, dll..
    tapi..kalo lo udah mantep..
    subhanallah allahuakbar...
    elo one of lucky woman...
    beruntung...bgd..
    kalo memang mantap..tanpa perasaan bimbang...
    lanjut lan...
    lanjutkan langkahmu...
    aku dukungg...

    ReplyDelete
  22. ulaaan...
    gw senneng banget pas denger loe mau nikah,,,,
    insyaAllah keputusan yang loe ambil ngk bakalan salah,,,,jangan dengerin klo ada orang bilang karir loe lebih penting,ngk ada jaminan loe bakalan seneng dikarir, karir hanya target loe 10 tahun kedepan doank, tapi insyaAllah klo pilih nikah target loe banyak,,,target melahirkan kstria2 yang handal di semua bidang, ibadah loe sudah dianggap dilaksanakan 50%,,, terlalu banyak peran istri untuk keluarga yang sangat penting..niatin klo loe nikah karena Allah,dan bersyukur klo loe sudah diberikan kenikmatan yang lebih buat loe dari pada yang lain, loe orang yang bener2 gw hormatin dalam semua bidang, pendidikan,agama, cita2..insyaAllah Calon Suami loe mendapatkan yang terbaik yang dikasih sama yang Maha Baik..

    DOa untuk ulan..
    Ya Rabb jadikan perjalan baru ini memantabkan ulan untuk terus dekat dengan Mu, jdikan keluarganya melahirkan generasi2 ksatria, dan jadikan suami ulan dan ulannya saling menyayangi karena keridhoamu ya Rabb, dan memberikan berkah yang banyak untuk keluarganya....Amiiieeennnn

    Maaf ya klo terlalu serius..
    hohohhohoohho

    ReplyDelete
  23. neng ulan,,,assalamkm,,
    di doakeun yah insyaAllah lancar semuanya,,kalo kata orang2 nih emang neng once seseorang memutuskan untuk menikah 1000 syaitonirojim di turun kan buat menggoda sang calon pengantin..yang penting mah kuat2 di kamu nya ajahh,,tapi buat neng Ulan mah,,pasti bisa menghadapinya..baru 1000 setan lan,,
    counting down the time yah,,udah 2 bulan lagi,,deg2 an deh pasti,,
    jadi inget 1 hadist neng..

    Rasulullah SAW bersabda : Kawinkanlah orang-orang yang masih sendirian diantaramu. Sesungguhnya, Allah akan memperbaiki akhlak, meluaskan rezeki, dan menambah keluhuran mereka (Al Hadits).

    mudah2an setelah kamu menikah segala sesuatu nya lebih berkah ya neng ulan..

    pernah baca 1 artikel tentang tugas2 seorang istri :
    " Kebahagiaan, cinta dan kasih sayang tidaklah sempurna kecuali ketika istri mengetahui kewajiban dan tiada melalaikannya. Berbakti kepada suami sebagai pemimpin, pelindung, penjaga dan pemberi nafkah. Taat kepadanya, menjaga dirinya sebagi istri dan harta suami. Demikian pula menguasai tugas istri dan mengerjakannya serta memperhatikan diri dan rumahnya.

    Inilah istri shalihah sekaligus ibu yang penuh kasih sayang, pemimpin di rumah suaminya dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Juga mengakui kecakapan suami dan tiada mengingkari kebaikannya. Untuk itu seyogyanya memaafkan kekeliruan dan mangabaikan kekhilafan. Jangan berperilaku jelek ketika suami hadir dan jangan mengkhianati ketika ia pergi.

    Dengan ini sudah barang tentu akan tercapai saling meridhai, akan langgeng hubungan, mesra, cinta dan kasih sayang. Dalam hadits: "Perempuan mana yang meninggal dan suaminya ridha kepadanya maka ia masuk surga." (HR. Tirmidzi, Hakim, Ibnu Majah)

    Maka bertaqwalah wahai kaum muslimin! Ketahuilah bahwa dengan dicapainya keharmonisan akan tersebarlah semerbak kebahagiaan dan tercipta suasana yang kondusif bagi tarbiyah.

    Selain itu tumbuh pula kehidupan di rumah yang mulia dengan dipenuhi cinta kasih dan saling pengertian anatar sifat keibuan yang penuh kasih sayang dan kebapakan yang tegas, jauh dari cekcok, perselisihan dan saling mendhalimi satu sama lain. Juga tak ada permusuhan dan saling menyakiti. "

    hihi maap yaa kepanjangan komennya siapa tau bermanfaat buat kamu,,kedepannya juga,,sebenernya aku pingin bgt dateng tapi sepertinya ga memungkin kan lan soalnya ada acaranya keluarga passsss bgt tanggal nya bentrok sama hari pernikahan kamu,,
    nanti aku minta di kirim poto nya aja yahhh...
    doain aku juga yaaahhhhhhhhh... =)
    sekian comment dari saya,,
    wassalam..

    ReplyDelete
  24. elda-anonymous, teteh, balgies.. thanks alot ya..
    bismillah, mohon doa restunya. jangan lupa cepet nyusul! ^^

    ReplyDelete
  25. my beloved friend,
    gw dukung lo 1000% deh, masalah kerja dluan,wisuda dluan mpe mw kawin dluan,smua itu pilihan coz life is a choice.
    gw yakin lo bakalan bs menghadapi smua problem yang ada, justru akan semakin kuat buat ngehadapin yg slanjutnya karna problem ada untuk membuat diri kita tegar dan kuat.
    justru klo smua terlihat baik2 dan adem2 aja itu patut dipertanyakan lan, karna hidup yang akan lo hadapin nanti "totally change" but i know for sure that you ready for that. Selamat menempuh tingkatan baru dlm hidup ini teman, smoga dlm menjalaninya lo akan menjadi ulan yang semakin hebat lagi karna dengan memutuskannya saja lo dah hebat lan. I cannt say welcome to the jungle (you know the reason!?!?!) but godbye from our jungle and welcome to a new part of life. see you at ur Big Day yaaaaa, Luv u always

    ReplyDelete
  26. am gonna waiting for you in that jungle. don't let me wait too long ya dek.. luv u.

    ReplyDelete
  27. hmm... g sekompleks yg km kira lan :) menikah itu menyempurnakan separuh agama. dan misal ada halangan apapun yg bikin kamu mikir, mo nikah aja koq susah gini y?!! (ini baru nikahny, blm kawinnya loh.. wkwkwkkw.. becanda :p), namanya niat baik, pasti ada halangan yg bikin kita mikir berulang-ulang untuk ngelaksanain niat baik itu. beda ama niat jelek, misal kita lewat pekarangan orang, ada mangga yg keliatan seger, lgsung aja tanpa pikir panjang terlaksanalah prosesi pencurian itu :D.
    klo masalah rejeki. bwt saya, duit bukan hal yang paling utama lan, yang penting BAHAGIA, KETENANGAN HIDUP, dan KEMUDAHAN KITA MELAKSANAKAN IBADAH!!! sapa tau ntar abis nikah malah dibuka jalan bwtmu dapatin rejeki dengan kondisi km ikut kmn aja suamimu kerja. yakin aja lan, dunia itu penuh dengan kesempatan, tinggal bagaimana kita cari aja kesempatan itu.
    terakhir, aq turut bahagia, salah seorang temen ce terhebat yg pernah kupunya akhrya menikah, wah mantap jaya. pasti ntar akan dikaruniai bibit2 unggul calon pemimpin bangsa!! amin :). jadi istri yang taat ama suami loh y? berdebat gpp (hobimu), tp jika suami sudah memutuskan, km harus nurut biar g deadlock :).
    dan yang g terlupakan, doakan temenmu ini cepet nyusul!! wkwkwkkwkwkwk..

    best regards,
    zul

    ReplyDelete
  28. hihihi.. ga kompleks kok zul.. malah alhamdulillah jauh lebih mudah dari ekspektasi awal (pas kuliah).

    'hobi berdebat' maksutnya 'cerewet' ya zul? hihihi.. thanks udah diingetin. jangan lupa didoakan. :D

    Insya Allah didoakan juga lah biar cepet nyusul. Amiiin..

    oia, btw am not as great as you think. :P

    ReplyDelete
  29. totally know how you feel. everytime i made the announcement, instead of getting an instant "congrats!", i kept on getting "are you sure?". gue sama kayak elu, the girl my friends think would get marry when i'm 30, ujug2 umur 25 di saat temen2 gue blom ada yang nikah hahaha

    tapi lucunya emang di situ ya? kalo ditanya "yakin mau nikah muda?", dengan mantap akan jawab "yakin dong.".

    pacarannya berapa lama, lan?

    ReplyDelete
  30. every woman with/out boyfriend would love being asked to married
    lucky you having one you love and asked it in ur early-mature-age =p
    lucky you lucky you~~~

    someday i'll write a song tells about how lucky you are :)

    sorry gw lama tls comment, kpotong coding td mlm ad yg mst berubah tiba" mesti diubah dlm hitungan menit xD -gw heran knp orang jakarta hobi maksa- ahahah
    i remember u told me to write my code here ;)

    ****
    DATA: BEGIN OF story OCCURS 0,
    u_aqua TYPE fmale
    n_nino TYPE male
    END OF story.

    WRITE:/ 'happy ending'.



    glad to know ur story has a very very happy ending :)
    congratz dear..

    -tiara-

    ReplyDelete
  31. 13 Dec. pacaran baru sejak akhir November 2008 lalu hehehehe

    ReplyDelete
  32. @tiara : thank you ya tee'.. double thanks for the coding.

    @ndari : thank's mba.. good luck ya!

    ReplyDelete
  33. ck..ck..
    akhirnya di publish juga mbak.. mantapkan hatimu,semua keputusan pasti ada resikonya, sesuatu kalo sudah bulat tekadnya pasti akan jalan terus,, senikmat nikmatnya harta dunia adalah keluarga yang sakinah mawadah warohmah.. salut mbak sama prinsip mu.. i must learn much from you =)

    ReplyDelete
  34. hey yah...its good to read what your thought, big decision, big risk and big choice...well all the choices have their own risk, you've done your best by making the decision hey...I just know you a bit bit I think I like you already and always want to know the update...really hope to see you soon dear....

    love ya!

    ReplyDelete
  35. ula..dunno what 2 say..yg jelas salut bgt bwt kmu..gk gmpang kan bwt ambil kputusan bwt nklah di usia 23 gni..
    aq ja mpe skr,mci angin2an..kdang pgn cpt2 nkah..sring2 ngbyangn mlah jd tkt ndiri ma yg nm-ny pnkahan..hehe..
    still learning bout maturity..
    so..congrats aj..wish ur live happily ever after..
    amienn..

    ReplyDelete
  36. Nikah muda???

    Serrruuu! kerrreennn...

    palagi kl tar cepet dikasi momongan wah... km bakal dikasi waktu lebih byk ngeliat anak2 mu tumbuh dewasa (@skenario:kl Dia kasi umur panjang)
    tar kl umur lu dah 40 anak lu dah ABG jalan k Mall kyk kakak jln ma adeknya, hihihi.... asik kan? --> halaahhh... g penting y lan??? :)

    Karma? di karir? g ada hubungannya laahh... yg bener tu Karma ada di Hotel halaaah... ngaco lg lan :)
    Beatles said :
    "And in the end, the love you take is equal to the love you make..." --> ngopy dr comment tmn2 lu lan
    Cuma lu ganti aja LovE nya ama MoNeY... maksudnya segede apa qta buat uang yg segede itu uang yg qta dpt... :) tul g lan? hehehe... g ada hubungan dulu2 lu nolak2 kerjaan, emang makan, g abis mubazirrr...

    bai de wei...

    ConGRatZ d... godaan2 yg lu adepin deket2 merrid lu tar bakal jd a beatiful moment setelah menikah tar... kl liat di pelm2 barat yg romantis, bayangin itu seperti beberapa potongan cerita yg terjadi sebelum lu ada d pelaminan... :)

    l a s t :

    I pray for your succesful and wonderful wedding... and course you'll be a beatiful bridge ^_~

    I Pray for the jorney of your life with your KanJeng will be always blessed by Allah swt and will give you sweeti son/daughter soon...
    (pengalaman aq : kl dah punya anak tar, lu bakal ngerasa anak lu paling lucu sedunia ^_-)

    a t o y A y U

    ReplyDelete
  37. ulan,,,,
    seneng bgt waktu tau ternyata berita ini beneran,,
    well, sebagai temen yg udh nikah duluan, n juga ambil keputusan nikah muda (lebih muda dr kmu waktu itu b'arti,, hehe) mungkin ada sedikit yg mo kubagi,, (hehe, bukan sok lho lan,,,)

    tadinya sama seperti kmu, bnyk godaan, apalagi ttg karir n kerjaan,, rasanya kok sayang klo musti ninggalin kerjaan yg udh susah2 didapet..

    tp asal yakin n ikhlas seperti yg kmu bilang,, semua jd dipermudah kok, (insya Allah,,)
    pengabdian kita yg tadinya total utk kerjaan, sekarang dibelokin jd utk keluarga, rasanya jauh lebih ikhlas jalaninnya,,, obvious lah,, hihi

    apalagi ntar klo udh ada baby...!!!! ga akan ada satu sesal pun... klo kmu sering dgr org, punya baby itu bahagia, tunggu sampe kmu rasain sendiri... cuma kata bahagia ga bakal cukup utk deskripsiin perasaan,, anugerah luar biasa, lan... :')

    so, ntar jgn ditunda punya baby nya yah,,, hohohoho (kayaknya aku ngomong kejauhan ya??? hihihi)

    well,, selamat menempuh hidup baru,,,!!!

    ReplyDelete
  38. Hidup itu bukan cuma pilihan, tapi pilihan sadar. :)

    Congrats. :)

    ReplyDelete
  39. meski saya telat bacanya~
    aniwei, nice inpo ;)
    thx uda share

    ReplyDelete